kamera 4K Palsu, ActionCam KOGAN bajakan!

oi... oii... oiii... hahaha
Apakabarnya nih kawan-kawan netizen terhormat? Bersua lagi kita melalui coret-coret di blog “partner” TEMPO ini, yaa... ‘tempo’ terbit ‘tempo’ tidak. hahaha oiya, pada tulisan kali ini ada perkembangan sikit, kita menyertakan video dari channel kita sendiri, gaya yaa? hehehe biar lebih maju informasinya, se-engga-nya audio visual sebagai syarat informasi multimedia yang baik, seperti itu.

Videonya bisa langsung ditonton dibawah ini, dan mohon klik SUBSCRIBE-nya yaa, suapaya selalu mendapatkan informasi update kita melalui Youtube.


Pada kesempatan ini kita membahas seputar kamera, tepatnya kamera dengan tipe ActionCam atau biasa disebut juga SportCam. Judul video kita di youtube adalah "Action Camera KOGAN Palsu - 4K & Ultra HD kualitas VGA, SportCam Abal-abal!", lho... kok gitu?

Sedikit rangkuman kronologis bagaimana kamera ini sampai pada kita, yaelah.. hahaha. Awalnya, kita tertarik atau tergiur dengan suatu produk pada satu toko online, dengan nama produk "Camera KOGAN SPORT 4K ULTRA HD DV 16MEGA". Pada deskripsi produk oleh penjualnya menyebutkan kamera ini sudah mampu menghasilkan foto dari sensor kamera 18 MegaPixels dan video dengan kemampuan 1080P, Ultra HD dan 4K. Dengan dibanderol 143ribu dengan kemampuan seperti deskripsi, siapa yang ga tegiur yaa ga? rela deh makan mie instan untuk beberapa hari demi hasrat memiliki kamera yang satu ini... bhahaha

Setelah melalui proses transaksi dan barang sampai ke kita. Kemudian kita unboxing dan cek kesesuaian barang (skalian bikin VLOG - video blog diatas), sama seperti deskripsi produk yang disebutkan oleh penjual di lapak online-nya. Lalu kita charger baterai kamera dan isi memory untuk selanjutnya pengujian atau test kemampuan kamera yang menggiurkan ini.

Pada menu setting di kamera ActionCam ini terdapat menu settingan untuk memilih resolusi yang akan digunakan, tersedia fitur perekam video dengan resolusi sebagai berikut:
1. QVGA (320X240)
2. VGA (640X480)
3. 1280X720
4. 1920X1080
5. 4K - lebih jelasnya dapat dilihat seperti pada foto dibawah ini.

 HM ComputersSolution

Okay, apa sih resolusi? dan dari mana itu? bisa dibaca dari sumbernya yaa kawan-kawan dari Mending Nonton. Jika mengacu ke standar video internasional (iyaa gitu?), dari keempat fitur resolusi pada kamera sebagai berikut:
1. QVGA (320X240) = resolusi video yaitu 320x240pixels.
2. VGA (640x480) = resolusi video yaitu 720x480pixels.
3. 1280X720 = resolusi video HD (High Definition) yaitu 1280x720pixels.
4. 1920X1080 = resolusi video Full HD (Full High Definition) yaitu 1920x1080 pixels.
5. 4K = resolusi video diatas 4000 tepatnya 4096x2160 pixels.


Grafik ini menunjukkan sebagian display resolusi yang umum digunakan, dengan warna dari setiap jenis resolusi layar yang menunjukkan rasio (misal, merah menunjukkan rasio 4:3)
Sumber dan informasi selengkapnya Wikipedia

Berarti, setiap resolusi seperti yang tersedia pada kamera, harusnya ukuran dan kualitasnya berbeda-beda kan yaa? Namun, apa yang terjadi? jawab dong.. hahaha lanjutt!!?

Selanjutnya kita test kamera dengan merekam video indoor dan outdoor, kita rekam video dengan menggunakan setiap settingan yang tersedia dan durasi setiap video 10 - 11 detik, saya urutkan video berdasarkan settingan pada kamera, dan video tanpa proses editing apapun alias langsung dari kamera. Video asli dari kamera dengan format default (.avi) saya unggah (upload) dan bisa dilihat pada link dibawah ini,
1. Video dengan resolusi VGA (640x480) => https://goo.gl/XNuD7z
2. Video dengan resolusi 1280X720 => https://goo.gl/o6kxgV
3. Video dengan resolusi 1920X1080 => https://goo.gl/9GMCQr
4. Video dengan resolusi 4K => https://goo.gl/LuD5NB

Dari ujicoba atau test atau apalah kalimatnya, menghasilkan beberapa kekecewaan. Jadi, Kesimpulannya adalah: 
1. Dari pengujian merekam video dengan menggunakan keempat fitur pada kamera hasilnya adalah kualitas video sama, resolusi sama, ukuran sama. Kualitas video dari kamera ini tak lebih baik dari kamera VGA pada HP lama (masih ingat kan jaman-jaman 3GP dulu, hahaha).
2. Fitur pada kamera tidak berfungsi, bisa dibilang kamera abal-abal alias palsu. Banyak komplain dari pembeli di produk yang sama di akun toko online lainnya.
3. Kamera ini tidak layak dijual dengan embel-embel 4K atau Ultra HD dan apalah itu.

Selengkapnya, tonton video kita sampai selesai yaa... dan jangan lupa SUBSCRIBE dan tinggalkan komentar yang bermanfaat. hehehe dan informasi yang masuk ke kita, cara memastikan produk ActionCam atau SportCam dari merk KOGAN yang asli, dari box hanya hitam polos untuk yang asli. Untuk informasi ini, belum kita klarifikasi atau bukti dari pihak KOGAN resmi.

Semoga coret-coret kita kali ini bisa menjadi informasi yang berguna dan harapannya tidak ada lagi pembeli yang merasa tertipu kedepannya. hehehe  
Terimakasih


Salam Magis, #GembelElite

Tidak ada komentar: