Bengkel Komputer (PC / Notebook)


HM Computers Solution

Haloo... Salam kenal dari “Bengkel Komputer” kita ini yaa! :)

KOMPUTER? PC atau Notebook? Gadget?
         Yaps... kita mulai dari pemahaman perangkat komputer dulu. Tentunya sudah pada tau dong yaa, apa itu komputer? Saat ini, hampir semua orang dan setiap aktivitas sehari-hari kita seolah tak bisa lepas dari yang namanya komputer. Komputer hadir sebagai bentuk teknologi di kehidupan zaman sekarang ini, ciyee... macam betul yaa. Komputer dipasarkan dalam aneka bentuk ukuran dan menyesuaikan pada kebutuhan konsumen. Jadi, intinya kita sering menyebut perangkat Personal Computer (PC), Notebook/Netbook (atau dalam bahasa gaulnya LEPTOP), Gadget (smartphone, tablet, dll) semua itu adalah KOMPUTER.

facebook.com/BengkelKomputerGaul
Untuk informasi dan review service kita bisa dilihat di sini yaa www.facebook.com/BengkelKomputerGaul
facebook.com/BengkelKomputerGaul
Lapak kita juga ada di kaskus, disini: https://goo.gl/dfH8eS

        Perkenalkan, “HM Computers Solution” adalah usaha atau jasa untuk jadi solusi permasalahan-permasalahan seputar komputer, singkatnya “Bengkel Komputer”. Pemiliknya seorang manusia biasa bernama Harto Malau (selengkapnya bisa baca di tentang saya yaa... hehehe) yang telah lama menggeluti dunia komputer. Sejak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi (semoga jadi sarjana dalam waktu dekat, amin) selalu berkutat di dunia komputer atau lebih luasnya IT (Information Technology). Permasalahan-permasalahan komputer saat ini seperti halnya permasalahan kebutuhan pokok, dan permasalahan komputer selalu hadir dibarengi dengan tingkat pemahaman dan fungsi dari komputer tersebut pada sisi konsumen. Saat ini, HM Computers Solution berpengalaman pada permasalahan-permasalahan Personal Computer (PC) dan Notebook/Netbook. Apa saja service / layanan yang ditawarkan? Berikut kami paparkan sekaligus menjadi track record penanganan permasalahan-permasalahan komputer yang sempat didokumentasikan. 

Maintenance dan Repair PC (Personal Computer)
        Kita mulai dari 3 (tiga) peranan penting dalam beroperasinya sebuah komputer dengan baik yaitu Brainware (Pengguna), Hardware (Perangkat Keras) dan Software (Perangkat Lunak). Brainware adalah pengguna atau kita yang menggunakan komputer pada aktifitas sehari-hari, mulai dari bidang pendidikan, pekerjaan di kantor, akunting, yaa.. semuanya, hampir semua penyelenggaraan kegiatan masyarakat semuanya butuh bantuan komputer. Hahaha... sok asik kali yaa. Pada sisi brainware, yang diperlukan adalah tingkat pemahaman dalam mengoperasikan komputer, dari sini bisa ditentukan tingkat kebutuhan pengguna akan spesifikasi hardware yang mendukung. Misalnya, kebutuhan pengguna untuk operasi-operasi akuntansi, laboratorium sekolah, desainer atau sipil, gamers dan lain sebagainya.
        Hardware atau dalam bahasa gaulnya perangkat keras komputer. Sederhananya, perangkat keras utama komputer juga dibagi 3 (tiga) yaitu perangkat input (masukan), perangkat proses (yang akan melakukan operasi-operasi) dan perangkat output (keluaran). Perangkat masukan yaitu keyboard, mouse, scanner, webcam, pen-tablet, dan lainnya. Perangkat proses yaitu processor (biasa kita kenal INTEL. processor yang lain masih ada loh... hahaha), motherboard, RAM, VGA (Video Graphics Adapter), yang semuanya biasanya ter-rakit dengan rapih dalam sebuah case/box yang biasa dinamakan CPU. Dan yang terakhir perangkat keluaran adalah perangkat-perangkat yang bertugas menampilkan hasil operasi-operasi yang kita lakukan dengan bantuan komputer diantaranya monitor, printer, speaker dan yang lainnya.

     Oke, kita mulai masuk pada pembahasan permasalahan-permasalahan komputer... hehehe. Sebelumnya telah kita bahas, tingkat kebutuhan pengguna dan spesifikasi perangkat keras yang mendukung atau sesuai kebutuhan. Komputer lelet atau lola (loading lama) bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya spesifikasi perangkat keras yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, perangkat keras yang kotor oleh debu, perangkat lunak telah terjangkiti virus-virus, suhu komputer panas, dan masih banyak lagi. Susah kalo dibayangkan, harus langsung praktek memang... ciyee mulai promosi jasa hahaha.
       Sebagai contoh kasusnya, ketika komputer kita baru dirakit atau dibeli build-up sangat nyaman digunakan, tidak lelet, tidak berisik. Setelah beberapa bulan, mulai berisik, terasa lamban membuka aplikasi-aplikasi sehingga tak sedikit yang membanting-banting CPU. Insaf bos... nyebut. hahaha

     Salah satu permasalahan penyebab kurang optimalnya kinerja dari sebuah komputer adalah perangkat keras komputer kurang terawat. Komputer juga butuh perhatian kawan-kawan, hehehe. Yaps.. perangkat keras komputer juga membutuhkan perawatan berkala, dibersihkan dan ganti thermal paste yaitu sejenis jel pendingin yang menghantarkan panas ke heatsink dan didinginkan oleh kipas. Seperti kendaraan kan? Service, ganti oli, sama halnya pada perangkat komputer juga membutuhkan service dalam bahasa anak IT disebut Maintenance and Repair, padahal itu-itu juga nyah... hahaha.


        Permasalahan lain yang juga vital dalam kinerja sang komputer adalah power atau daya yang dikeluarkan oleh perangkat keras komputer yang bernama Power Supply. Arus listrik, daya yang dikeluarkan power supply ke motherboard dan perangkat keras lainnya harus sesuai kebutuhan perangkat, disini duduk permasalahannya adalah stabilitas listrik dari PLN (arus listrik sering naik-turun / padam mendadak) di lokasi tempat komputer digunakan sangat mempengaruhi umur dari perangkat power supply. Disini perlu bantuan stabilizer untuk men-stabil-kan arus listrik.


Maintenance dan Repair Notebook/Netbook
      Apa sih bedanya perangkat PC dan Notebook/Netbook? Jawaban versi saya (belum diuji dosen penguji skripsi hahaha): bedanya cuma pada sisi dimensinya (ukurannya) otomatis juga bentuk dan powernya. Menjadi tantangan tersendiri untuk perawatan perangkat keras laptop yaitu karena ukuran yang serba mini dibandingkan dengan ukuran pada perangkat keras PC. Sederhananya begitu, sama halnya pada perangkat keras PC, perangkat keras Notebook/Netbook paling cepat kotor karena tingkat mobilitasnya yang tinggi.

     Sejauh pengalaman sang teknisi-teknisi “BENGKEL KOMPUTER” hehehe, permasalahan-permasalah juga banyak terjadi pada power atau daya. Dimulai dari baterai yang nge-drop atau tidak berfungsi lagi, dan dalam beberapa kasus ditemukan port daya dari charger korslet. Dalam hal perawatan baterai memang macam-macam, umumnya sih... jika baterai sudah penuh lepaskan kabel charger. Dan tak bisa dipungkiri, setiap spare-part punya masa hidupnya, hehehe ampun pak haji. Semua bisa diganti atau biasa disebut repair, semua bergantung pada kondisi kerusakannya. Seperti pada gambar dibawah ini, tak sedikit pula notebook dari rekan-rekan mahasiswa atau kantor yang mati total akibat tersiram kopi, ada juga yang ketumpahan kuah bakso, begitu penjelasan polos kawan-kawan (dalam hati: mungkin kawan-kawan ini ingin berbagi dengan laptopnya hahaha).


Maintenance Harddisk dan Recovery Data


       Telah dijelaskan juga diatas, arus yang masuk pada power supply dan cara menghidupkan dan memadamkan komputer (disini tingkat pemahaman pengguna) sangat berpengaruh pada perangkat keras komputer satu diantaranya Harddisk (HDD). Permasalahan pada harddisk luayan ribet juga, dan harddisk ini juga yang berperan vital dalam kinerja komputer. Kita mungkin pernah mendengar istilah bad sector, no detected hard-drive, alhasil kita panik dengan data. Ini permasalahan yang memerlukan hoki-hoki-an juga kawan-kawan, dan pengetahuan khusus dalam pengembalian data pada harddisk yang mengalami kerusakan.

Upgrade Perangkat Keras PC / Notebook
      Komputer yang baik bukan berarti harus baru, yaps... kembali pada kesesuaian kebutuhan pengguna dan spesifikasi perangkat keras yang sesuai. Perangkat keras PC atau Notebok/Netbook semua bisa ditambah (di-upgrade). RAM (Random Access Memory) salah satu perangkat utama selama komputer beroperasi, kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhan butuh penbahasan khusus, bisa lewat chat lah yaa... kontak aja! Hehehe *Konsultasi gratis kok, kan berbagi ilmu.


Sertifikasi kompetensi dari beberapa teknisi BENGKEL KOMPUTER kita ini:


Dan yang terakhir, ini penampakan pemilik "Bengkel Komputer" ini... hehehe


Salam MAGIS, #GembelElite

Post a Comment